living life and love to the fullest...

Friday, June 27, 2008

Sukses? Versi siapa?


Minggu lalu salah seorang driver di kantor menawarkan jualannya berupa cemilan. Ada kacang, keripik, chips, dsb. Seperti biasa saya mengambil satu bungkus dan membayar. Dan seperti biasa pula ia bertanya dengan nada memaksa, “Kog cuma satu sih? Yang banyak dong buat orang rumah…” Lalu saya menjawab, “Saya tinggal sendirian, jadi gak perlu banyak-banyak.” Saya pikir ia akan diam dan berlalu sesudahnya, tetapi ternyata ia malah berkata, “Wah enak ya… sudah punya rumah, punya mobil…”

Saya pun terdiam bingung, apa hubungannya dengan cemilan yah?

Lunch break siang tadi tanpa disengaja saya bertemu dengan seorang teman SMA. Terus terang saya sudah gak ngenalin dia, tapi dia masih ngenalin saya. Walaupun saya hanya mengenakan kaus dan celana panjang santai (maklum, hari ini hari Jumat, jadi gak perlu berbusana formal), ternyata gaya saya masih keren dan teman lama saya itu mengira saya sudah demikian suksesnya.

Saya jadi memikirkan definisi sukses. Sukses itu apa yah? Penampilan keren? Punya mobil dan rumah? Punya anak 7? Punya pacar 9?

Iseng-iseng saya browsing di internet dan ternyata definisi sukses tiap orang beda-beda. Ada yang fokus pada kekayaan dimana ‘memiliki sesuatu’ adalah kuncinya. Apalagi bila ‘sesuatu’ itu termasuk benda-benda yang mahal dan berharga.

Ada pula yang mendefinisikan sukses sebagai suatu prestasi tertentu yang dicapai. Bisa karir, jabatan, gelar, keluarga, dsb. Ada juga yang mendefinisikannya secara abstrak seperti kebahagiaan, sukacita, jumlah berkat (yang konon gak abis-abis), dan banyak lagi.

Tapi kemudian saya berhenti browse saat membaca definisi sukses dari Ralph Waldo Emerson, terutama di bagian yang hurufnya saya tebelin.

“The definition of success--To laugh much; to win respect of intelligent persons and the affections of children; to earn the approbation of honest critics and endure the betrayal of false friends; to appreciate beauty; to find the best in others; to give one's self; to leave the world a little better, whether by a healthy child, a garden patch, or a redeemed social condition.; to have played and laughed with enthusiasm, and sung with exultation; to know even one life has breathed easier because you have lived--this is to have succeeded."

Saya jadi inget 2 misi hidup saya: becoming a better person day by day dan touching other people’s live. Bila saya dapat melakukan keduanya, sepertinya inilah sukses bagi saya.


Apa definisi sukses bagi anda?


:: rombengus 270608

d