living life and love to the fullest...

Monday, September 15, 2008

Lagi grounded ? Nikmatin aja lagi…

Belakangan ini saya sering sakit. Bukan rekor yang baik memang, tapi, mau gimana lagi? Hampir tiap kwartal saya jatuh… Entah jatuh dari tangga jemuran, jatuh di trotoar, jatuh dari panggung, jatuh mulu… Belum lagi si vertigo yang datang dan pergi sesuka hatinya. Dan sekarang saya lagi kena tipus, terpaksa deh grounded lagi…

Bulan lalu saya jatuh di luar kota saat lagi jalan kaki santai. Tadinya niat ke luar kota mau jalan-jalan/liburan, terpaksa ngedekem di hotel doang. Itu karena engsel kaki saya ada yang bergeser akibat jatuh. Saat kembali ke Jakarta, teman-teman saya pada bingung dan prihatin karena saya datang pakai tongkat, kaki dibalut dan pincang-pincang. Sakit memang, tapi saya berusaha menikmatinya dengan berbagai cara. Tongkat saya cat pakai pilox warna pink, yang membuat orang-orang pada noleh. Bukan liat ke saya yang lagi pincang, tapi ke tongkatnya. Hehe…
Saya pun sangat menikmati saat tiba atau keluar dari suatu tempat, karena para penyambut tamu atau sekuriti langsung berusaha membantu saya. Saya pun membuat survey kecil-kecilan, dan ternyata selama hampir 2 minggu saya pincang dan bertongkat, sekuriti di gedung GKBI yang paling menunjukkan kepeduliannya. Mereka sepertinya langsung ingin menggendong saya begitu keluar dari mobil. Dan saat menunggu taksi, mereka mengerahkan segenap kru nya untuk mencarikan taxi, sementara saya tidak boleh keluar dulu (gak boleh jalan jauh-jauh maksudnya). Asik bukan? Seperti boss besar rasanya .

Sekarang saya lagi sakit tipus. Dan ternyata teman-teman sudah banyak yang terlebih dulu terkena. Ada yang 2 kali, dan bahkan ada yang sampai 5 kali. Wah, dia pasti expert sekali dalam hal tipus… Ada pula yang adu parah-parahan, “Dulu tes darah elo, widalnya berapa? Gue pernah +640… trus +420…” Awalnya saya rada bingung melihat reaksi mereka, saya pikir kog mereka malah saing-saingan membanggakan sakitnya?
Saya yang tadinya agak khawatir, kemudian berpikir lain, “Iya ya, gue kan belum pernah sakit tipus, ini bakalan jadi pengalaman baru buat gue!” Dan saya pun berteriak ke teman-teman, “Woi, gue newbie nih di klub… Asik gak sih sakitnya? Perlu siapin berapa novel, berapa game PS selama grounded?” Yang ada malah teman-teman saya yang giliran bingung, “Nih anak sakit kog malah exciting banget?”

Sebenarnya, sakit itu gak enak… dan gak kan pernah enak… Malah ada sakit yang berasa banget sakitnya. Misalnya pas tulang engsel kaki saya ditarik sama dokter (untuk dibalikin ke posisinya), rasanya luar biasa sakit. Tapi saya selalu berpikir segala sesuatu ada waktunya, dan bila sudah waktunya sakit ya sakit… kita gak bisa nolak itu biar gak terjadi…

Saya hati-hati banget kog waktu jalan kaki di luar kota itu, jalannya pelan-pelan, malah tangan kanan bergandengan dengan seorang teman, tapi tetep aja bisa jatuh… Saya termasuk jarang jajan, karena toch makan siang disediain kantor dan saya jarang makan malam. Tapi toch bisa kena tipus…

Selain itu, sakit membuat saya merasa bersyukur atas kehadiran orang-orang di sekitar saya. Misalnya, saya gak pernah jatuh saat sendirian di rumah atau sendirian di suatu tempat. Pasti ada teman/sodara di sekitar saya… Waktu vertigo saya kambuh dengan parahnya, pasti ada orang lain di sekitar saya. Dan yang melihat saya mengalami gejala-gejala tipus ya teman saya…

Sakit juga membuat saya beristirahat
. Tanpa disadari fisik dan pikiran kita sudah letih berlebihan, tetapi semangat yang membuat kita bertahan. Dan dengan diberi kesempatan sakit oleh Nya, berarti sudah waktunya kita beristirahat. Sakit mengajari kita hidup lebih seimbang…

Anda juga lagi grounded karena sakit sekarang? Nikmatin aja lagi…

rombengus_130909

d